Dona’s Delight

Frangipane/almond crispy

Iseng, hari minggu ga ada acara apa-apa, ya udah masuk dapur aja deh.  Cerita yah, tentang awalnya aku bikin almond crispy, tadinya sih ga mikir buat camilan, dulu-dulu kalau buat yah buat wadah, atau tempat, di bentuk mangkok-mangkokan atau tempat buat naro desserts atau ice cream. Jadi misalnya mau suguhin es krim atau malah kadang buat tiramisu di suguhin pake almond crispy ini, tapi selama ini aku ga tau kalo itu namanya almond crispy hehe, selama ini bilangnya tuile atau frangipane. Bahkan lakiku pun  jadi ikutin aku bikin  dessert menu di restorannya, dia suguhin tiramisunya pake frangipane. Gara-garanya  waktu kita ngundang bosnya makan malamm di rumah, aku seperti biasa cuma kebagian bikin dessert ajah, sementara dia yang masak makanan pembuka dan makanan beratnya, nah pada saat itu aku bikin dessertnya tiramisu nah pas aku suguhin dengan frangipane bosnya atau pemilik restoran itu langsung terkesima. Waktu itu aku bentuk frangipane ya seperti cilinder. Diameter 3 cm tinggi 10 cm. pokoknya keren abis deh.

Hehe,  anyway.. Dia bilang Andrew, kenapa  kamu ga suguhin tiramisu ini di restoran, dengan resep ini, jangan di ubah-ubah, Haha aku langsung seneng lah. Tapi  jujur, aku akui ini bukan ide aku, melainkan ide dari  buku nya Giorgio Locateli, chef terkenal pemilik restoran di itali, dan buku ini andrew dapat dari clientnya dia yang suka banget dengan masakan Giorgio Locateli. Kalo aku sih buka-buka  buku andrew buat nyoba-nyoba dessertnya ajah. Main course  dan appetizer aku lebih suka masakan indonesia. O iya.. Itu almond crispy atau tuile dan frangipane,  dulu-dulu aku bikinnya selalu aku tambahin amareto, atau almond liquer, ga banyak-banyak sih, cuma buat perasa, memang lebih enak banget kalau pake itu. Tapi berhubung itu haram, ya udah sekarang kalau bikin ga pernah pake lagi.

Cukup sudah cerita tentang almond crispy ini.. Sudah baca resepnya aja yah.

Live video bikin almond crispy ini bisa klik link di bawah ini.

Live video baking almond crispy

IMG_8514

Bahan-bahan

  • 50 gr almond bubuk
  • 40 gr tepung terigu
  • 100 gr gula bubuk
  • 90 gr butter (lelehkan)
  • 80 gr putih telur
  • Sejumput garam
  • 1/2 sdt vanili

catatan, kalau almond bubuk mau di skip, bisa ganti dengan terigu saja 

Cara membuat :

Secara kemaren malas pake mixer, aku pake blender bikinnya.

  1. Campur terigu, bubuk almond,  gula,vanili dan garam.
  2.  Masukan butter yang sudah di lelehkan, blender
  3. Setelah tercampur rata, masukan putih telur, blender lagi hingga rata.
  4. Panaskan oven 150 derajat celcius
  5. Ambil loyang, alasi dengan kertas roti.
  6. Cetak, dengan cara, celupkan permukaan gelas di adonan, lalu telungkepkan permukaan gelas pada baking paper, hingga membentuk lingkaran.
  7. Spread ( taro adonan ke dalam lingkaran sambil di pipihkan dengan sendok teh) beri jarak.
  8. Panggang sekitar 17-20 menit. atau sampe matang.
  9. Tunggu dingin, angkat dari loyang.

IMG_8525

 

Bisa juga selagi panas di angkat dan taro di atas botol, kalo menginginkan almond crispynya melengkung, atau di gulung sehingga seperti egg roll atau yoku moku atau kue semprong, atau taro di balik mangkok apabila memginginkan bentuk seperti mangkok. 

IMG_8526

From my home to your home, baking with love.

Category:

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5