Dona’s Delight

bake cheese tart

 

img_0541

ada yang tanya apakah aku bisa bikin pablo cheese tart, yang katanya kalau di jakarta belinya harus antri, akhirnya aku google sana google sini, akhirnya bikin lah resep sendiri.. dan hasilnya luar biasa, walaupun aku belum pernah makan pablo, tapi aku yakin, ini lebih enak dari pablo. tapi memang di negara-negara tetangga pun banyak sekali penggemarnya. bahkan di negara itu sendiri pun banyak penggemarnya juga, dengan memiliki beberapa outlet yang cantik, yang nyaman untuk makan di tempat, nah kita bisa pilih bagaimana kita mau makan kue ini rare atau medium, yang biasanya kita harus pesan ke pelayan kalau kita makan steak, tapi ini kita makan dessert, dan kita bisa memilih sesuai kesukaan kita, kalau rare isiannya akan terlihat masih cair seperti lava, tapi kalau medium akan lebih set, jadi kalau mau bikin di rumah kita bisa tentukan berapa lama kita mau memanggangnya.. kalau lebih lama isiannya akan lebih set.

memang untuk bikin kue ini modalnya harus besar.. soalnya harus pake keju yang harganya lumayan mahal, jadi ga salah kalau pablo harganya mahal, tapi semahal/mahalnya bikin sendiri tetep jauh lebih murah dari beli dan ga pake antri hehe.

jadi yang pertama kita lakuin itu bikin tart nya atau kulit dasarnya. di sini aku memakai resep tart tanpa telur dan tau nggak, aku bikin dengan cara di kocok dan hasilnya enak juga, juga kokoh dan tetap garing.

tart

  • 75 gr unsalted butter. suhu ruang
  • 30 gr brown sugar/gula pasir
  • 100 gr terigu
  • garam
  • vanilla

cara membuat

  1. kocok butter dengan gula hingga agak mengembang dan memutih
  2. masukan terigu, garam dan vanilla
  3. campur atau aduk dengan spatula
  4. keluarkan dari mangkok kocokan dan satukan adonan dengan di uleni sebentar.
  5. istirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam. (tapi lain kali aku mau coba istirahatkan sebentar saja, ga perlu sampai 1 jam)
  6. setelah itu keluarkan dari kulkas, rolling adonan menggunakan rolling pin dan cetak ke loyang tart yg telah di sediakan. atau kalau mau bisa. juga uleni adonan sebentar, lalu ambil sedikit adonan bulatkan dan taro di loyang, nah kita bisa menggunakan pie puncher atau cukup menggunakan jari2 tangan kita utk menipiskan adonan.
  7. panggang adonan dengan cara blind baking, yaitu kita memanggang kulit tart/pie tanpa isian, dengan mengggunakan pemberat pie (pemberat pie di sini bisa menggunakan pemberat pie beli atau bisa juga dengan beras atau kacang hijau) tetapi tanpa pemberat pun. bisa juga, hanya legokan dalamnya tidak sedalam dg yang menggunakan pemberat pie. panggang selama kurang  lebih 10 menit, angkat pemberatnya, dan lanjutkan memanggangya sekitar 7 menit lagi.

sementara kita menunggu adonan di kulkas, kita biss menyiapkan isiannya.

  • 100 gr mascarpone cheese
  • 100 gr philladelphia creamcheese
  • 100 ml whipped cream cair
  • 1 sdm munjung butter
  • 2-3 sdm gula halus
  • 2 kuning telur
  • 1-2 sdm maizena larutkan dengan air.
  • vanilla
  • garam
  • 1 sdm lemon juice (kalau suka)

cara membuat

  1. campur mascarpone, creamcheese, whipped cream dan butter di mangkok besar.
  2. lalu kita masak campuran tersebut dengan cara di tim atau au bain marie aduk sebentar hingga menyatu lalu
  3. masukan gula halus,  aduk
  4. masukan larutan maizena dan kuning telur, terus lah mengaduk.
    masukan vanilla dan garam.
  5. kita lihat konsistensi dari campuran tersebut sambil terus di aduk.
    masak hingga tidak terasa maizena lagi atau maizena sudah matang.

nah kalau masih terlihat agak cair sebetulnya gapapa, kita bisa dinginkan masukan kulkas nanti dia akan mengental sendiri. jadi sekarang kita isi kan ke dalam tartlet yang sudah kita panggang sebelumnya. kalau kita belum bisa mengoleskan kuning telur ke isian tersebut, kita bisa dinginkan sebentar di kulkas agar isian menjadi set. baru kita oles kuning telur dan panggang.

nah waktu pemanggangan akan berbeda, apabila tartnya dingin waktu pemanggangan akan lebih lama.. tapi kalau langsung di panggang saya menggunakan panas 230 derajat selama 5 menit.

setelah matang glaze dengan apricot glaze agar mengkilap.

from my kitchen to your kitchen, baking with love

img_0546

kalau mau liat video cara membuat ini ada di fb saya Riyas Irmadona.

10 Reviews

  1. Ivo Fauziah

    Assalamu’alaikum mba Dona yg sholcan 😘. Kenalkan aku Ivo di Jakarta. Alhamdulillah, seneeeeng banget bisa menjelajah web-nya mba Dona. Thanks to my bff Ida Yahya yg udh refer aku ke sini.
    Tempo hari waktu adekku ke SG, dia makan bake cheese tart, ktnya enaaak banget, soft n lumer gitu.
    Aku bikin japanese cheesecake dgn bahan2 yg sama kyk bahan bct ini minus mascarpone, kt adekku miriip rasanya dng bct yg dia makan itu.. jadi pengen bikin bct resep mba Dona ini 😊
    Nanti kalo udh bikin aku laporin hasilnya yaa. Thanks mba Dona 👍

    Star
    • Riyas IrmadonaRiyas Irmadona

      waaaahh mau dong laporannya hehe.. makasih ya.. udah jalan-jalan di web aku, maaf kalau late reply, sibuk dengan fb hehe..

    • Riyas IrmadonaRiyas Irmadona

      ud bikin belum?

  2. Michelle

    Enak banget Dona… gak nyesel deh bikin ini…😍😍😍

    Star
    • Riyas IrmadonaRiyas Irmadona

      thanks michelle

  3. Tati

    Resepnya mba dona….mmg tiada duanyaaa

    Star
  4. Hanifa

    Salam kenal mbak dona, maaf mau tanya, kalo gk ada mascarpone cheese bisa gk diganti pake cream cheese semuanya? Misal cream cheese merk anchor? Kalo philladelphia cream cheese apa sama dgn cream cheese yg biasa? Tmksh mbk 😊 ( bake cheese tart )

    Star
    • Riyas IrmadonaRiyas Irmadona

      ya kalau mau di ganti kejunya, stau mascarponenya rasa akan beda jauh dong mba.. philladelphia cream cheese itu punga rasa khas tersendiri mba, jadi kayaknya beda dg cream cheese yang biasa

  5. Rulan

    Mbak, bisa jadi brp tart ya?

    Star
    • Riyas IrmadonaRiyas Irmadona

      wade ga tau mba, ga hitung aku

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5