Dona’s Delight

Basic Sponge Cake

Ada banyak resep sponge cake, kali ini aku mau kasih resep yang tanpa mentega. Rasanya ga kalah enak dengan resep-resep yang menggunakan mentega. Apalagi sponge cake itu selalu kita pakai uituk membuat aneka macam kue tart, yang frosting nya atau dekorasinya terasa berat, oleh karena itu  sponge cake banyak di gunakan untuk dasar dari sebuah torte/kue tart di negara-negara Eropa ini.  Dan sponge cake ini sangat  ringan serta kokoh jadi akan keliatan cantik apabila di jadikan layer cake atau cake yang berlapis-lapis  yang tinggi. Karena sponge cake itu kering, oleh karena itu kita harus membuat syrup untuk kita olesi di kue tersebut agar kuenya terasa lebih moist/lembab. Walaupun tanpa penggunaan syrup pun kue ini tetap ok. Penggunaan telur yang cukup banyak membuat kue ini mengembang bagus tanpa memerlukan bahan pengembang seperti baking powder/soda. Dan kunci dari keberhasilan sponge cake adalah jangan  sampai kita membuat volume dari kocokan telur menjadi kempes/turun drastis, oleh karena itu kita harus sangat berhati-hati pada saat mencampur terigu ke dalam kocokan telur. Kuncinya adalah dengan menyaring terigu 2-3 kali serta kita coba aduk lipat balik dari bawah ke atas dengan bati-hati. Dan mencampur terigunya beberapa kali dengan aduk lipat balik sekedarnya saja.

IMG_7696

Sayang sekali aku ga foto hasilnya, jadi foto ini habil screen shoot dari live videoku.

Untuk melihat video membuat sponge cake ini bisa klik di bawah ini.

live video baking basic sponge cake 

Nah sekarang kita bisa mencoba resepku ini.

 

  • 2 butter telur
  • 100 gr gula pasir
  • 4 kuning telur
  • 100 gr terigu
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdt vanili

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang alasi dengan baking paper serta olesi dengen mentega dan taburi terigu.
  2. Panaskan oven 180 derajat celcius
  3. Kocok 2 butter telur bersama gula sampai kental berjejak selama kurang lebin 15 menit apabila menggunakan standing mixer, tapi apabila menggunakan hand mixer, kemungkinan harus di kocok selama setengah jam.
  4. Masukan kuning telur satu persatu sambil terus di kocok dan lanjutkan mengocok sampai adonan terlihat sangat kental, beberapa menit lagi.
  5. Ayak sebagian terigu dan maizena juga garam dan vanili ke dalam kocokan telur dan aduk lipat balik secara perlahan, lakukan sebanyak 3 kali. Jangan terlalu lama mengaduk, untuk menghindari kocokan telur mengempis.
  6. Tuangkan ke dalam loyang.
  7. Panggang selama kurana lebin 25 menit.

IMG_7690

 

From my home to your home, baking with love.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Category:

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5