Dona’s Delight

Bubur Ketan Hitam Kacang Hijau

Dulu-dulu aku ga fikir kalau bikin bubur ketan hitam tuh bisa di campur dengan kacang hijau. Karena alm ibuku kalau masak bubur ketan hitam atau kacang hijau ya di pisah. Makanya akupun begitu. Tetapi pas makan di rumah temanku yang orang Bali, dia bikinnya di campur akhirnya aku selalu campur kalau bikin. Dan kebetulan anak-anakku suka dengan bubur ketan hitam ini, tapi kalau bubur kacang hijau mereka kurang suka, padahal mereka suka banget dengan onde-onde kacang hijau, aneh ya. hehe. Makanya aku senang banget tau, bisa campur bikinnya.

Dan seperti biasa, kalau bikin bubur tuh aku ga pakai takaran, layaknya orang zaman dulu di kampung-kampung yang ga pernah masak dengan resep. Kalau sudah biasa masak tanpa resep lama-lama yah sudah tau takarannya dengan memakai perasaan saja. Tetapi zaman sekarang orang sebal kan kalau dia bertanya dan kita jawab resepnya pake kira-kira ajah, padahal mungkin beneran lho dia bikin pakai kira-kira. (tetep sih beda ya dengan kue-kue bule yang harus pake takaran, jadi aneh kalau misalnya kita tanya resep kue yang bukan jajan pasar bilangnya resepnya kira-kira hehe)

Ada baiknya juga sih ini aku bikinin resep, ya mana tau suatu hari Mutiara dan Iman kepingin makan bubur ini, dan resepnya sudah tercatat, karena banyak resep yang alm ibuku buat dan tidak tercatat, dan akupun ga tau gimana buatnya.

Anyway live video membuat bubur ketan hitam kacang hijau ini sama dengan live video membuat biji salak, karena kebetulan hari ini aku buat bubur kampiun, makanya videoya jadi satu.

Live video membuat bubur ketan hitam dan kacang hijau

Bahan-bahan :

  • 300 gr ketan hitam
  • 150 gr kacang hijau
  • sejumput garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 250 gr gula merah
  • 1800 ml air

Cara membuat :

  1. Rendam ketan hitam dan kacang hijau semalaman, tiriskan.
  2. Masak air dengan daun pandan sampai mendidih.
  3. Masukan ketan hitam dan kacang hijau, beri garam, masak hingga air agak menyusut, dan ketan hitam matang atau lembek.
  4. Masukan gula merah lanjutkan memasak sampai gula larut dan air kembali menyusut.
  5. Cicipi, apabila ingin di tambah gula atau bubur sudah matang.

 

Catatan

* Karena bubur ketan hitam Kacang hijau ini untuk campuran bubur kampiun, jadi aku tidak terlalu banyak memberi gula, tetapi apabila ingin makan tanpa campuran, gula bisa di tambahkan sekitar 50 gr lagi.

* Jangan pernah memasukan gula sebelum ketan hitamnya menjadi lembek, karena kalau di masukan terlalu cepat atau sebelum ketan hitam lembek, maka ketan hitamnya tidak bisa lembek.

 

From my home to your home, baking with love.

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5