Dona’s Delight

Donat Kampung

Sebetulnya resep ini resep jadul banget, dari sebelum ada fb aku udah pake resep ini untuk bikin donat, temen-temen di Swiss juga udah banyak yang bikin donat dengan resep ini, dan  mereka suka sekali.

ini video aku bikinnya ya bisa di klik

live video bikin donat 

B494832D-AA7C-4758-AAAC-98947F9B9F09

Pingin ngomong panjang lebar tentang donat, tapi nanti jadi lama deh aku ngeluarin resepnya, jadi aku ga usah ngomong panjang lebar aja yah, langsung resepnya aja biar cepet.

F84B9471-3EBB-451F-B3E4-AD3A0992F1CE

  • 200 ml air suam-suam kuku
  • 10 gr ragi
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 kuning telur
  • 65 gr gula pasir
  • sejumput garam
  • 500 gr terigu
  • 100 gr unsalted butter
  • vanili

Cara membuat :

  1. Siapkan mangkok, beri ragi, gula dan air diamkan kurang lebih 5 menit, tunggu reaksinya, kalau tidak ada reaksi, silahkan di buang dan ulangi prosesnya.
  2. Kemudian kita masukan gula pasir, kuning telur, garam dan vanili, aduk rata.
  3. Masukan terigunya, uleni sebentar saja hingga menyatu.
  4. Masukan butter, uleni, di sini terserah kalian, mau uleni hingga kalis sekali, atau tidak, yang penting kamu bisa membuat bulatan besar dan menghasilkan permukaan bulatan adonan tersebut keliatan halus dan mulus. ( biasanya adonan yang aku buat tidak terlalu lembek, jadi aku bisa ulen  ga nyampe 10 menit, tapi ga tau kenapa kemaren pas bikin sambil live adonan aku sangat lembek, hingga aku harus ulen agak lama, mungkin sekitar 15 menit dan sedikit menambahkan terigu pada saat akan meroundingnya, padahal dengan resep yang sama, tapi kemaren bisa lembek begitu, nggak ngerti kenapa)
  5. Istirahatkan adonan sekitar 10 menit
  6. Ambil adonan 45-50 gr, bulat-bulatkan adonan hingga menghasilkan permukaan bulatan yang halus dan mulus dengan cara me roundingnya, dengan menggunakan sisi bawah telapak tangan atau mencubit-cubit adonan hingga adonan bulat dan mulus.
  7. Istirahatkan kembali 5-10 menit.
  8. Siapkan loyang dan alasi dengan serbet dapur  yang halus dan bersih  beri terigu tipis diatasnya
  9. Bolongkan adonan yang sudah bulat-bulat tersebut dengan menggunakan jari telunjuk tangan dan dengan di bantu tangan kiri kita bisa lebarkan bolongan donat.
  10. Taro di atas serbet yang telah kita siapkan dan istirahatkan 10 menit
  11. Siap di goreng dengan api sedang dengan cara cukup di balik 1 kali saja.

From my home to your home,  baking with love.

Category:

7 Reviews

  1. christine

    Mba kalo diuleni ga sampe kalis ga pengaruh pada hslnya? Biasanya kan klo resep2 menulis uleni hingga kalis.

    Makasih

    Star
    • Riyas IrmadonaRiyas Irmadona

      coba liat deh live video pada saat aku bikin donat kampung ini.. menurut kamu itu kalis tau nagga?

  2. Vita

    Sdh sering sya buat donat kampung mbak dona…. Bahkan jd bakulan sya.. Tp entah kenapa beberapa hri ni ko g mau ngembang y donat sya… Sdh hampir 1jam sya diamkan….. Bs bantu sya mbak… Untuk tahu ppa msalah’y…. Trmkasih….

    • Riyas IrmadonaRiyas Irmadona

      Kalau sudah sering buat dan selalu berhasil terus akhir-akhir ini ga mau mengenbang, bereit insya allah muntkin arena raginya Sudah tidak aktiv lagi, ganti ragi coba.

  3. Vita

    Sdh sy ganti ragi mbak, ngembang sich tp ko stlh d goreng sebelah g mau ngembang alias cemet sebelah (bhs kmpung kluar nich…😁😃) dan bagian sbelah tengah’y bersarang garing….

    Star
  4. Nova

    Mba klw telur ny d kurang pengaruh g mba dona?

    Star
    • Riyas IrmadonaRiyas Irmadona

      hehe ya pengaruh mba, makanya donat ini sangat empuk dan aku liat ud banyak resep yang ikutin reep ku ini berseliweran dengan modifikasi2 mereka

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5