Dona’s Delight

Lemon Macaron

Macaron lagiiiii. Hehe iseng bangetttt.. Kemaren pas liburan liat-liat majalah waktu kita nunggu di restoran, jadi terpaksa kita minum-minum dulu di lounge nya baru kemudian makan, tapi ada hikmahnya sih,  pas lagi nunggu gitu, liat majalah. Eeh liat macaron yaaaahh jadi kepingin deh. Kebetulan sudah lama juga ga buat, terakhir buat akhir desember kemaren sekalian sediain kue-kue natal buat mertua. Ya udah mumpung malam minggu nggak ngapa-ngapain, maka  aku membuat macaron ini. Tadinya mau bikin sore-sorean,  tapi gara-gara chat jadinya makin malam ajah.

Anyway.. Ada banyak banget resap macaron di Google.. aku sampai  lupa pakai resep yang mana. Tapi biasanya aku tidak asal copas resep, aku ikutin perasaan, aku  ambil dari beberapa website lalu aku  kombinasikan. Itu juga yang bikin suami bangga dengan aku hehe.. Pokoknya awal aku baca resep itu banyak yang aku baca.. Tapi rata-rata memakai 3 putih telur. Sekarang sudah  tidak nge Google lagi kafrena  sudah suka dengan resep ini. Dan aku  mau kasih tau.. ternyata dengan resep yang sama belum tentu mulus juga hasilnya, cuma karena suhu oven. Jadi ceritanya gini.. Bikin macaron cuma dengan 1 resep, tadinya cuma mau bikin warna hitam, tapi aku pikir apabila warna hitam orang-orang di Indonesia mungkin kurang  suka, tapi aku  pernah sharing di blog warna merah dan hijau, dan sudah  beberapa kali bikin dengan  warna coklat, ungu dan pink, nah warna kuning belum nih, makanya aku pikir ah kuning saja, sekalian bikin rasa baru, rasa lemon. Tadinya pikir pingin bikin foto macaron hitam dengan arang, udah bela-belain nyampur warnanya pake areng hehe, eeh tapi malah pas motonya kelupaan pake areng haha.. Dasar deh ah aku memang pelupa.

Nih sebelum aku tulis resepnya, aku mau kasih tau yah, aku bikin dengan 1 resep macaron, trus aku bagi 2, yang 3/4 kasih warna hitam, dan yang 1/4 kasih warna kuning, aku pikir karena di rumah cuma iman yang suka lemon, Mutiara nggak suka, makanya aku banyakin yg warna hitam, karena aku  mau kasih rasa mocha  eeh akhirnya ga jadi sih, aku kasih coklat ganache ajah. Karena ternyata warna hitam itu kepanasan kali yah di ovennya, jadi kalau aku baking macaron yah suhunya itu 140 derajat celcius, eehh pada pecah2 tuh atasnya. Kaget banget deh. Padahal yg kuning aman-aman saja dengan suhu segitu. Yah tidak apa  sih buat pengalaman, tapi  aneh ajah, ngapain juga bikin warna hitam?.. Siapa coba yang mau makan? Hehe.. Emangnya menarik? Haha.. Tau deh, aku pikir keren  kalau warna hitam. Ga tau deh nanti-nanti mau lagi nggak bikin warna hitam. Atau sudah kapok? Cuma gara-gara warna hitam nggak bersahabat dengan panas. Jadi kadang kesalahan bukan pada resep, bisa jadi pada panasnya suhu di oven. Seperti kalau kepanasan bikin pecah. Selain macaron memang gampang-gampang susah kayaknya, karena dengan resep yang sama, aku tuh baru berhasil ada kakinya setelah 3 kali nyoba. Jadi percobaan ke 3 baru macaron ini berhasil aku buat dengan sukses, aneh yah? aku coba resep yang sama sampai 3x karena aku punya feeling, kesalahan bukan pada resep. Jadi ketidak berhasilam macaron bisa jadi karena pengocokan putih telurnya kurang sempurna, karena harus sampai kaku banget. Atau nggak di saring dulu almond dan gula bubuknya. Itu aja sih yang aku tahu, karena kesalahan aku yang pertama dan ke 2 itu, kesalahan pertama waktu itu aku  tidak saring almond bubuk dan gula halusnya, aku  pikir sudah almondnya dan gulanya sudah cukup halus. Dan kesalahan yang  ke 2  karena putih telurnya kurang kaku. Nah sekarang warna hitam harus panggang dengan suhu lebih rendah lagi. Ini fotonya sebagai bukti hehe

img_8648

Bahan dasar macaroon :

  • 3 putih telur
  • 45 gr gula
  • 125 gr almond bubuk boleh yg masih bijian jg boleh yang penting kalo yg masih bijian yah harus di alusin dulu.
  • 150 gr gula halus, Caranya:  Diamkan putih telur sekitar 1 jam pada suhu ruang sebelum dikocok.

Cara Pembuatan :

  1. Campur almond powder dan gula halus sampai rata. Dg cara di ayak itu mereka berdua. Sisihkan.. Udah yah jelas?.. Nah waktu percobaan pertama dan ke 2 ga gw jadiin satu.. Eehh gagal tuh macaroon.. Jadi sih jadi cuma ga ada feet nya atas dasar dr macaroon yg keliatan kasar itu lho..
  2. Trus..Kocok putih telur dengan mixer sampai mengembang, masukkan  gula sedikit demi sedikit. Kocok sampai kaku. Inget yah kaku banget.. 😅 Masukkan campuran almond+gula halus yg tadi, aduk rata. Pake spatula ajah ngaduknya yah. Inget secukupnya ajah ngaduk jangan terlalu sebentar atau terlalu lama. Sekalian kasih pewarna, ini gw bagi hitam dan kuning. Trus setelah pewarna tercampur dengan rata.
  3. Masukkan adonan dalam piping bag. Siapkan loyang yang sudah dialas kertas roti atau silikon mat kusus macaroon Semprotkan adonan di atas loyang membentuk bulatan-bulatan kecil.  Tap/tepukan loyang bagian bawah ( nah aneh kan? Pokoknya tetep aja lakuin.. Jangan kelupaan.. Mungkin ini jg yg bikin macaroon ada feet/kakinya. O iya kalau nggak punya alas makaroon. Pake baking paper juga bisa, kalau gw sih karena nggak profesional, makanya gw gambat bulet2 dulu baking papernya, supaya sama besar ajah. Hehe.
  4. Nah setelah selesai, diamkan adonan 45-60menit sebelum masuk oven (pokoknya sampai makaroon nya pas kamu test dengan jari tangan udah nggak basah lagi) Panggang adonan dalam oven suhu 140 derajat selama 18 menit Nah dinginkan makaroon tetap di loyang itu baru setelah benar2 dingin gw sih sampe bbrp jam dieminnya hehe.. dan siap diisi dengan filling deh.. Makaroonnya. Nah kalao warna hitam kayaknya ga bisa 140 derajat, harus Di kurangi jadi 135 kayaknya.

Gitu ajah edisi makaroon kali ini..

O iya fillingnya belum gw tulis haddehh.. Ud malam lagi, ud ngantuk..

Filling Lemon Curd

  • 150 ml air jeruk lemon
  • 1 sdm parutan kulit jeruk lemon
  • 150 gr gula pasir
  • 100 gr unsalted butter potong2
  • 2 sdm maizena
  • 4 kuning telur (kayaknya kalau mau pake 2 telur aja jg gpp deh, aku pernah baca adayangg cuma pakai 2 telur untuk lemon curd ini jadi putihnya jg di pake, tapi semua tergantung selera yah)
  • Garam
  1. Masak dengan api kecil, air lemon, kulit lemon, gula pasir, butter dan maizena.
  2. Kemudian agak di besarin apinya masak 1 menit lagi sambil di aduk2.
  3. Kocok sebentar telurnya, kemudian masukan 1/4 campuran air lemon yang telah di masak sambil terus di aduk dengan balon whisk, kemudian gantian, sekarang kita masukan campuran telur dan air lemon yg barusan kita campur ke dalam campuran lemon yang sedang kita masak, sambil terus di aduk, kecilkan api, terus masak sambil di aduk2 kurang lebih 2 menitan atau sampai lemon curdnya ini mengental. Angkat pindahkan ke mangkok dan tutup dengan plastik wrap, kemudian dinginkan.
  4. Jadi deh.. Setelah dingin baru kita satukan macaron dengan filling ini. Selamat mencoba yah.

From my home to your home. Baking with love.

Category:

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5