Dona’s Delight

Strawberry and vanilla cream tart

Aku tuh dulu suka banget yang namanya puff pastry, abis rasanya enaaakk banget..  Waktu awal-awal tinggal di swiss ya otomatis suka beli puff pastry karena gampang banget nyarinya di supermarket banyak banget di jual dengan berbagai merk. Dan bisa di bikin buat kue-kue manis maupun asin, tanpa kita repot bikin adonan tetapi tinggal beli saja. Kalau mau di bikin asin ya kita isi dengan isian pastel bisa, atau mau di bikin seperti isian samosa agar terasa bumbu karenya, atau buat membungkus sosis, dan lain-lain deh. Nah kalau manis apalagi bisa di bikin macam-macam, contohnya ya sekarang yang aku buat ini, tinggal di kasih fla aja sama buah strawberry hehe.. jadi deh fruit pie kalau kata orang indonesia, tapi kue ini aku mau namain strawberry vanilla cream tart aja deh bukan pie. Karena kalau pie dalam penyajiannya itu identik dengan kue yang masih di taro di dalam loyangnya, baru di potong-potong masih di dalam loyang, sedangkan ini tanpa loyang dalam penyajiannya.

Nah setelah pernah bikin puff pastry sendiri, yang jelas rasanya jauh lebih enak, karena terasa sekali ke alamiannya, tanpa terasa tambahan bahan-bahan kimia aku jadi malas beli puff pastry hehe, karena yaitu aku ga tau mereka taro bahan tambahan apa di dalam puff pastry itu, ya selain itu terlalu banyak lemaklah, ga bagus buat badan hehe.

Trus kenapa aku tiba-tiba bikin kue dengan puff pastry? hehe alasannya tuh karena pas kerja kemaren di tempat kerja ada banyak puff pastry matang yang di sediakan buat karyawan untuk di bawa pulang. Tadinya ga mau bawa, udah jalan pulang eehh aku balik lagi karena dapat ilham untuk kasih tau temen-temen di indonesia salah satu kue yang di jual di bakery-bakery swiss. Makanya aku balik lagi deh. Trus pagi-pagi bikin buat makan sendiri hehe..

pada saat memanggang kulit puff pastry kita taro di luar loyang agar menghasilkan tart yang cukup besar. jangan lupa perlu di tusuk-tusuk dengan garpu

posisi puff pastry di luat loyang pada saat pemanggangan, agar menghasilkan tart yg cukup besar, jangan lupa di tusuk2 dg garpu

posisi puff pastry di luat loyang pada saat pemanggangan, agar menghasilkan tart yg cukup besar, jangan lupa di tusuk2 dg garpu

Jadi yang kita perlukan dalam pembuatan strawberry vanilla tart adalah :

  1. Puff pastry di potong-potong dengan cookie cutter, yang sebelumnya sudah kita tusuk-tusuk dengam garpu yang banyak agar pada saat di oven tidak mengembang tinggi.  O iya di tempat kerjaku mereka manggangnya dengan cara di taro di bawah loyang yang di telungkupkan. Mungkin supaya bisa besar ukurannya.
  2. Pastry cream
  3. Strawberry
  4. Selai strawberry.

sebetulnya resep pastry cream sudah sering aku posting di web atau di fb ku, tapi biar lah aku tulis lagi.

Vanilla Pastry cream

  • 500 ml susu cair
  • 100 gr gula pasir
  • 5 kuning telur (boleh deh 4 kalau mau ngirit hehe)
  • Vanilla
  • 40 gr terigu
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdm butter untuk di kasih di akhir (tidak harus/boleh di skip)
  • garam

Cara buat isinya:

  1. Campur kuning telur dengan 50 gr gula dan sedikit susu, Di mangkok yang cukup besar yah..Lalu ayak terigu dan maizena ke dalamnya, aduk hingga tercampur rata.
  2. Masak susu dengan sisa 50 gr gula tadi serta vanilla bean, batangnya juga di masak yah. Tapi nanti di buang setelah flanya jadi..masak sampe mendidih, angkat dr kompor..
  3. Nah kemudian, masukan susu panas  ke campuran kuning telur tadi.. Pelan2 sambil di aduk-aduk supaya tidak bergerindil, kalo bergerindil yah km saring ajah gak papa kok.
  4. Setelah semua susu ud tercampur, kembalikan ke panci dan masak dengen api kecil hingga meletup-letup.

Sekarang kita susun kuenya.

  1. Ambil puff pastry yang sudah matang.
  2. Taro pastry kream ke dalamnya secukupnya saja
  3. Beri strawberry yang telah di belah 2
  4. Oleskan selai strawberry.

From my home to your home, baking with love.

 

 

Category:

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5