Dona’s Delight

Easter Bunny

Akhirnya setelah 2 kali gagal bikin easter Bunny, aku bisa bikinnya dengan mulus. Ternyata kesalahan diriku pada pembuatan yang pertama adalah coklatnya belum kering tapi sudah aku buka cetakannya, sehingga bunny nya pecah. Dan percobaan yang ke 2 aku tidak berhasil di karenakan kemungkinan besar coklat yang sedang aku temper itu suhunya naik, sehingga pada saat di cetak sangat tipis, serta aku lupa membuka klip di cetakan, sehingga coklat tetap menempel di cetakan dan tidak mau lepas.

Sebenernya sangat mudah membuat easter bunny, hanya kita perlu menemper chocolate terlebih dahulu.

Ketertarikan aku membuat easter bunny ini di karenakan aku di tawarkan oleh seorang teman sekaligus pemilik salah satu confiserie yang cukup besar di kotaku Lucerne untuk berkunjung ke confiserienya dan belajar sedikit mengenai coklat. Dan kebetulan di bulan Maret, di mana mereka sedang sibuk mempersiapkan easter bunny. Sehingga akupun bisa belajar membuatnya. Pada saat belajar dan praktek di sana, aku tidak berfikir untuk mencatat apa yang aku pelajari, aku pikir hanya begitu saja, alhasil pada saat praktek di rumah, menjadi gagal. Jadi walaupun terlihat gampang kita tidak boleh meremehkannya.

Kita lihat langsung saja video aku membuat chocolate bunny dengen meng klik link di bawah ini.

Video membuat chocolate bunny

 

Jadi pertama kali yang kita lakukan adalah menemper chocolatenya. Resep dan cara menemper chocolate bisa di klik link di bawah ini

How to temper chocolate

Langkah-langkah dalam pembuatan chocolate bunny

  1. Ambil cetakan, beri tempered chocolate dengan memakai kuas, ke seluruh permukaan di dalam cetakan, dinginkan hingga set. Gunanya menutupi permukaan cetakan bagian dalam dengen memakai kuas ini, nutuk menghindari “air bubble” tau gelembung udara.
  2. Satukan cetakan, dan beri 4 klip sehingga cetakan terkunci.
  3. Kemudian tuangkan chocolate temper ke dalam cetakan hingga hampir penuh.
  4. Dan dengan perlahan “tap” tau pukul pelan cetakan, agar apabila ada gelembung udara, akan pecah dengan sendiri.
  5. Keluarkan kembali chocolate dari dalam cetakan, dengen cara menuangkan keluar,  sehingga cetakan kembali kosong, jadi gunanya kita tadi menuangkan chocolate ke dalam cetakan adalah untuk membuat lapisan di dalam cetakan.
  6. “Tap” tau pukul-pukul kembali cetakan, agar coklat dengan mudah keluar.
  7. Bisa di letakan di atas kawat agar kelebihan coklat turun dengen sendirinya.
  8. Apabila cetakannya kecil menuangkan keluar coklatnya harus cepat-cepat, tetapi apabila cetakannya besar tidak perlu menuangkan keluar secara Teresa-gesa, apabila terlalu cepat di keluarkan, takutnya lapisan coklatnya terlalu tipis.
  9. Setelah terlihat coklatnya sudah set, sager lepaskan semua klip.
  10. Masukan ke dalam kulkas. Dan tungggu coklatnya mengelupas dari cetakan.
  11. Setelah terlihat coklatnmya mengelupas dari cetakan, kita bisa membuka cetakannya.
  12. Tuangkan sedikit chocolate temper di atas kertas roti (yang akan kita gunakan sebagai dasar dari bunny tersebut) dan letakan cetakan bunny di atas chocolate yang baru saja kita tuangkan
  13. Diamkan kembali di dalam kulkas.
  14. Setelah set, kita bisa pisahkan kelebihan coklat bagian bawahnya

Catatan :

Apabila di perlukan, masukkan coklat kelinci tersebut ke dalam freezer.

Buat yang liat live video aku, terimakasih banyak atas diriman foto-fotonya, akhirnya aku simpan salah satu foto kirimannya di sini.

IMG_8075

From my home to your home, baking with love.

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5