Dona’s Delight

Opera Cake

  1. Opera Cake

image

Opera cake adalah kue yang berasal dari Prancis, kue ini berlapis-lapis, dan lapisannya terdiri dari, almond sponge cake atau biasa di sebut joconda dalam bahasa Prancis, joconda ini di beri sirup kopi agar supaya kuenya menjadi sangat moist, coffee butter cream, chocolate ganache dan di atasnya di tutup dengan coklat glaze. Kue ini sangat lezat, terbayang dong perpaduan almond, kopi dan coklat.

Kalau aku baca di wikipedia, tentang opera cake ini, kenapa di namakan opera cake, karena istri dari French pastry chef Cyriaque Gavillon yang hebat, yang menciptakan kue ini, dengan percobaan-percobaan, karena dia menginginkan kalau orang makan kue ini dengan hanya 1 gigitan tapi bisa merasakan keseluruhan dari cake tersebut, dan istrinya mengatakan kue ini mengingatkan dia akan Paris Opera House, Palais Garnier. Karena di dalam gedung tersebut, terdapat tingkat-tingkat atau kelas-kelas bagi para penontonya. Akhirnya chef Gavillon menamakan kue ciptaannya dengan nama Opera Cake. ( begitulah seorang istri bisa memberikan inspirasi yang sangat besar kepada sang suami).

Tetapi ada beberapa cerita yang berbeda mengenai asal muasal opera cake ini, tapi cerita di atas adalah cerita yang lebih di kenal masyarakat.

Apapun dari mana asal muasal cerita ini, kue ini tetap lah selalu ada di bakery-bakery di Eropa karena kue yang sangat lezat dan di sukai oleh banyak orang.

Anyway, aku di sini akan menulis langkah-langkahnya saja ya, karena joconda dan butter cream sudah aku tulis di postingan sebelumnya.
O iya aku tulis chocolate ganache di sini aja. Resep membuat ganache macam-macam tergantung kebutuhan kita, biasanya standar untuk membuat ganache adalah 50 berbanding 50 coklat dan heavy cream. Kalau menginginkan ganache yang lebih kokoh kita bisa menambahkan jumlah coklatnya. Di sini aku membuat sedikit lebih kokoh.

Chocolate ganache
By Dona’s delight

Bahan-bahan :

  • 115 ml heavy cream
  • 200 gr dark chocolate (cacah)

Cara membuat;

  1. Cacah dark chocolate, taruh di mangkok tahan panas.
  2. Panaskan heavy cream hingga mendidih, tuangkan ke dalam mangkok yang berisi coklat.
  3. Tunggu 5 – 10 menit.
  4. Aduk dengan spatula atau aku suka mengaduknya dengan sumpit, awali mengaduk dari posisi tengah mangkok, aduk secara perlahan sehingga semua coklat menyatu dengan cream.
  5. Tunggu sebentar, lalu blender dengan zap blender, ini sih kayaknya akan menghilangkan udara yang terperangkap, juga akan menjadi lebih shyni.
  6. Dinginkan ga perlu taro di kulkas.
    Jangan sentuh coklat tersebut

Nah setelah komponen-komponen untuk opera cake kita buat, sekarang kita baru bisa bikin opera cakenya. Jadi cukup lama ya, cukup memakan waktu untuk membuat cake opera ini.

Opera Cake ;

Yang kita perlu siapkan adalah :

Cara membuat.

  1. Potong jadi 4 joconde.
  2. Taro 1 lapis joconde di tempat saji.
  3. Siram-siram dengan air kopi (karena joconde yang sudah aku buat cukup manis jadi aku tidak buat syrup, kalau sponge cakenya tidak manis kita bisa bikin syrup gula kopi)
  4. Lapisi dengan butter cream.
  5. Timpa dengan joconde yang ke 2.
  6. Siram-siram lagi dengan air kopi.
  7. Lapisi dengan chocolate ganache.
  8. Timpa kembali dengan joconde.
  9. Siram-siram joconde dengan air kopi.
  10. Lapisi dengan buttercream, usahakan melapisi lapisan buttercream paling atas ini mulus, karena akan di timpa dengan chocolate glaze.
  11. Sekarang cake bisa menunggu, sementara kita akan membuat chocolate glaze.
  12. Nah terakhir lapisi dengan chocolate glaze.
    Nah pada saat melapisi dengan chocolate glaze ini jangan terlalu banyak bekerja, karena chocolate cepat sekali set. Bisa di bantu dengan spatula pada saat menuangkan chocolate glaze.
    Nah setelah proses itu selesai, kita masukan kulkas, tunggu dingin, baru di potong-potong.

Note
Jangan potong kue sebelum dingin, karena hasilnya tidak akan bagus.

 

From my home to your home, baking with love.

Category:

Leave a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 2 3 4 5